Hubungan Antara India dan Amerika Paska Insiden yang Melibatkan Konsulat India

Hubungan Antara India dan Amerika Paska Insiden yang Melibatkan Konsulat India – Konsulat adalah seorang yang ditugasi untuk mewakili negara asalnya di negara lain. Tidak hanya itu saja, seorang konsulat ditugasi untuk membantu setiap warga negara yang tinggal di negara tujuan tersebut. Namun, masalah konsulat India untuk Amerika mengalami masalah yang tidak mengenakkan. Bukannya dihormati, namun konsulat India ini malah dipermalukan dengan tuduhan yang belum tentu benar dan menyebabkan hubungan kedua negara menjadi panas.

Insiden 2013
Sebelum membahas mengenai ketegangan antara India dan Amerika, akan lebih baik jika mengulas kembali insiden yang kurang menyenangkan yang melibatkan konsulat India, Devyani Khobragade. Pada tahun 2013, muncul laporan bahwa konsulat India tersebut diminta pulang ke negara asalnya karena Khobragade didakwa telah berbohong mengenai jumlah gaji yang dibayarkan kepada asisten rumah tangganya dan juga melakukan penipuan visa. Hal ini diduga dilakukan agar Khobragade bisa membawa masuk seorang warga negara India untuk dihadirkan asisten rumah tangga dan digaji lebih rendah dari upah minimal. Jikapun dakwaan ini benar, namun perlakuan pihak berwajib kepada Khobragade sangat tidak bisa dibernarkan karena memang pada saat itu Khobragade memiliki hak kekebalan diplomatis yang harus dihormati.

Khobragade diperlakukan secara tidak hormat karena ditangkap dan diborgol. Tidak hanya sampai situ saja, ternyata pihak berwenang juga menelanjangi dan menggeledah tubuhnya secara tidak hormat dan murahan seperti layaknya seorang kriminal. Hal ini tentunya membuat hubungan antara kedua negara memanas.

Ketegangan Antara India dan Amerika
Pemerintah India tidak terima dengan perlakukan yang diberikan pihak berwajib Amerika terhadap Khobragade. Masyarakat India dan juga pemerintah menarik Khobragade kembali ke India dan bertekad untuk mengembalikan harga dirinnya. Meskipun begitu, Marie Hart, juru biacara departemen luar negeri Amerika sangat menyayangkan hal ini dan berharap bahwa hubungan diplomasi kedua negara bisa diperbaiki.
Sayangnya, pemerintah India sudah terlanjur terbakar emosi dan menuntut permintaan maaf dari pemerintah Amerika. Tidak hanya itu saja, pemeritah India juga melarang diplomat Amerika untuk mengimpor alcohol dan juga mencabut pagar pengamanan di sekitar kompleks kedutaan Amerika yang terletak di New Delhi.

Pemerintah India juga mencabut kekebalan diplomatic setiap pejabat Amerika di New Delhi dan membatasi layanan klub bagi diplomat. Namun, pada tahun 2014, Khobragade memiliki jabatan baru yang membuatnya memiliki kekebalan diplomatic lebih luas dibandingkan dengan sebeluumnya. Meskipun dakwaan tersebut telah dicabut sebelumnya, namun tidak menutup kemungkinan bahwa dakwaan baru akan dibuat untuk Khobragade.

Perlakuan yang diberikan oleh pemerintah Amerika kepada konsulat India, Khobragade, memang tidak bisa diterima dengan baik. Selain mempermalukan Khobragade, perlakuan yang diberikan tersebut telah mencoreng hubungan diplomatis antar kedua negara. Padahal sebagai seorang konsulat, pemerintah harus memperlakukannya dengan lebih baik berbeda dengan perlakuakn terhadap warga biasa.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *