Konsulat Jenderal Amerika Serikat, Chennai India mewakili kepentingan pemerintah Amerika Serikat di Chennai (sebelumnya dikenal sebagai Madras), India dan wilayah sekitarnya. Konsulat melapor kepada duta besar di Kedutaan Besar AS di New Delhi . Konsul Jenderal saat ini adalah Judith Ravin, incumbent sejak September 2020. Dia didahului oleh Robert G. Burgess.

Peringkat salah satu pos ajudikasi terbesar Amerika di dunia, Konsulat Chennai juga menempati peringkat pertama secara global dalam memproses visa berbasis pekerjaan, peringkat di antara yang teratas secara global dalam mengeluarkan visa kategori ‘L’ dan ‘H’, dan peringkat kedelapan secara global dalam hal semua kategori visa yang diterbitkan. Pada 2009, sekitar 20.000 pengunjung memasuki konsulat setiap bulan untuk mendapatkan berbagai layanan, termasuk Perpustakaan Amerika dan program budaya dan pendidikan yang dilakukan oleh Konsulat Jenderal.

Lokasi Konsulat Jenderal Amerika Serikat, Chennai India

Gedung Konsulat Jenderal terletak di 220 Anna Salai , dan berbatasan dengan gedung Oxford University Press . Bangunan ini berdiri di persimpangan Anna Salai dan Cathedral Road di Gemini Circle menghadap Anna Flyover di atas tanah yang disewa untuk jangka panjang dari St. George’s Cathedral dan memiliki pintu masuk di kedua jalan. Baik Konsulat Jenderal dan Pusat Perpustakaan Amerika terletak di gedung yang sama.

Baca Juga : Kedutaan Besar AS Berikan Suara Soal Pencabutan Pembatasan Perjalanan Orang India

Sejarah Konsulat Jenderal Amerika Serikat, Chennai India

Hubungan perdagangan antara Amerika Serikat dan wilayah Perusahaan India Timur dimulai ketika kapal Amerika Chesapeake berlayar ke Hooghly untuk berlabuh di Kalkuta pada tahun 1786, hanya sepuluh tahun setelah Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat . Pada 19 November 1792, Presiden Amerika saat itu George Washington menunjuk Benjamin Joy, seorang pengusaha dari Newburyport, Massachusetts, sebagai Konsul Amerika pertama untuk India.
Atas saran Menteri Luar Negeri saat itu Thomas Jefferson dan persetujuan Senat, Presiden Washington menugaskan Joy ke kantor itu pada 21 November 1792. Ketika Joy mencapai Calcutta pada April 1794, pemerintah kolonialmenolak komisinya. Namun, dia diizinkan untuk ‘tinggal di sini sebagai Agen Komersial yang tunduk pada Yurisdiksi Perdata dan Pidana Negara ini …’, dan dia tinggal di Kalkuta dan menjabat sebagai agen komersial pemerintah Amerika.

Untuk mengelola kepentingan maritim AS di India Selatan , Joy menunjuk William Abbott, seorang pedagang Amerika kelahiran Inggris, sebagai agen konsuler Amerika pertama dari Kepresidenan Madras pada 24 November 1794, yang menjabat selama lebih dari satu dekade. Abbott aktif terlibat dalam politik dan bahkan menjabat sebagai walikota Madras untuk waktu yang singkat pada tahun 1797. Perdagangan antara Amerika Serikat dan kota melibatkan kapas, teh, rempah-rempah, dan kulit dari Selatan India dan “balok es yang dipahat dari danau beku Massachusetts.” Perdagangan Indo-Amerika mengalami jeda selama beberapa dekade berikutnya, dan, ketika dihidupkan kembali, agen konsuler AS yang terpisah didirikan di Madras pada 24 Mei 1867 dengan Joseph L. Thompson, dari Massachusetts, menjabat sebagai agen konsuler untuk Madras.

Ia menjabat sampai Oktober 1872. Para agen konsuler di Madras diharapkan melapor langsung ke Departemen Luar Negeri pemerintah AS. Jabatan tersebut berlanjut sebagai agen konsuler di bawah Konsulat Jenderal di Kalkuta hingga tahun 1908. Peran utama agen konsuler pada masa itu adalah untuk mempromosikan kepentingan perdagangan dan bisnis Amerika Serikat, dan sebagian besar agen konsuler antara tahun 1867 hingga 1908 adalah dipilih dari jajaran pengusaha ekspatriat.

Undang-undang Reorganisasi tanggal 5 April 1906 mengatur layanan konsuler dengan masa jabatan tetap, gaji tetap, sistem promosi, dan tujuh kelas posisi termasuk konsul jenderal dan konsul. Ini mengubah tren yang berlaku, dan pada bulan Juni 1908, jabatan agen konsuler dinaikkan ke pangkat konsulat. Pada bulan Desember 1908, atas rekomendasi Departemen Luar Negeri AS , Nathaniel B. Stewart diangkat sebagai wakil pertama pemerintah Amerika dengan gelar Konsul di Madras, yang menjabat selama dua tahun berikutnya.

Kantor didirikan dengan status resmi sebagai konsulat di lantai tiga gedung milik Parrys and Company , yang terletak di China Bazaar Road No. 1, sekarang dikenal sebagai Netaji Subash Chandra Bose Road, di Parry’s Corner . Belakangan, kantor pindah ke gedung antara Rajaji Salai dan Moore Street. Ketika bangunan itu dibongkar dan dibangun sebagai bangunan enam lantai modern, yang sekarang dikenal sebagai Rumah Berani , Konsulat AS melanjutkan penyewaannya dengan menempati lantai empat bangunan tersebut pada Oktober 1940.

Indian consulate atlanta Dengan India memperoleh kemerdekaan , pos diplomatik Amerika di Madras secara resmi diangkat menjadi Konsulat Jenderal pada 15 Agustus 1947, menandai tonggak sejarah dalam hubungan bilateral antara kedua negara. Pada hari yang sama, Roy EB Bower menjadi konsul terakhir dan konsul jenderal pertama di Madras di India merdeka. Dengan Perusahaan Parry menginginkan seluruh bangunan pada tahun 1952, Konsulat harus mencari tempat baru.

Lima tahun kemudian, pada 1950-an, Konsulat Jenderal pindah ke sebuah gedung di Mount Road (sekarang Anna Salai), yang saat ini ditempati oleh Bank of America. Dengan perluasan hubungan Indo-AS setelah Kemerdekaan, Konsulat Jenderal membutuhkan struktur yang dibangun untuk mengakomodasi keragaman kegiatan seperti layanan perpustakaan, program budaya, pertukaran pendidikan, visa, layanan warga negara Amerika dan bantuan pembangunan, bersama dengan siaga kuno, promosi perdagangan. Untuk tujuan ini, KJRI menyewakan sebidang tanah di Lingkaran Gemini dari Gereja India Selatan untuk membangun gedung sendiri. Pada tanggal 3 Januari 1969, KJRI pindah ke lokasi yang sekarang di Gemini Circle, yang diresmikan oleh Duta Besar Chester Bowles .

Arsitektur

Gedung konsulat Amerika dirancang oleh firma New Orleans Burt, Lebreton dan Lamantia, menggabungkan arsitektur Amerika tahun 1960-an dan fitur arsitektur tradisional India Selatan . Arsitektur bangunan konsulat terinspirasi dari rumah tradisional Thanjavur dan Karaikudi . Arsitek Amerika yang disewa untuk merancang bangunan itu berkeliling India Selatan untuk mencari inspirasi sebelum memusatkan perhatian pada tema terakhir.

Seperti dikutip oleh S. Krishnan, yang menemani Lamantia dalam pencarian arsitekturalnya di Tamil Nadu dan sebagian Andhra Pradesh , Lamantia, yang berakar di Don QuixoteDesa, memilih arsitektur rumah tradisional Thanjavur dan Chettinad untuk berbaur dengan gaya Amerika dalam rencana desainnya. Dengan demikian, gedung Konsulat Jenderal berbentuk persegi panjang dibangun di sekitar halaman tengah tanpa atap, dengan beranda yang mengelilinginya dan kamar-kamar terbuka di luarnya. Selain itu, terinspirasi oleh arsitektur kuil India Selatan, keempat dinding luarnya ditaburi serpihan granit Pallavaram .

Gedung ini memiliki ruang perpustakaan di lantai dua. Ini juga memiliki auditorium besar.

Gedung kantor KJRI yang baru direncanakan pada tahun 2008 akan dibangun dalam waktu sekitar lima tahun. Itu masih belum dibangun, tetapi rencana masih tetap ada.

Distrik Konsuler

Distrik konsuler Chennai, meliputi tiga negara bagian dan tiga wilayah persatuan negara, melayani populasi sekitar 160 juta dan mencakup tujuh bahasa resmi yang digunakan setiap hari dalam operasi visa pos. Peningkatan populasi kelas menengah di kawasan yang berniat untuk bepergian ke luar negeri, peningkatan permintaan tenaga kerja terampil di Amerika Serikat, dan transformasi hubungan Indo-AS menyebabkan peningkatan permintaan visa di distrik konsuler Chennai dalam beberapa tahun terakhir.

Permintaan visa non-imigran di Chennai meningkat lebih dari 80 persen antara tahun 2004 dan 2007, memuncak pada sekitar 280.000 pada tahun 2007. Sebagai tanggapan, pos tersebut menambahkan staf dan jendela wawancara dan meningkatkan pelatihan, pencegahan penipuan, dan manajemen beban kerja, membuat waktu tunggu untuk visa non-imigran stabil kurang dari seminggu.

Baca Juga : Mengenal Santa Clara Country, Amerika Serikat

Karena peningkatan drastis permintaan visa dari distrik Chennai dalam beberapa tahun terakhir, kedutaan di New Delhi menetapkan seluruh India sebagai satu distrik konsuler. Hal ini memungkinkan orang mencari janji temu visa di New Delhi dan Calcutta bahkan jika mereka secara tradisional tinggal di distrik konsuler Chennai.

Fungsi

Fungsi Konsulat Chennai melayani distrik konsuler Chennai, yang meliputi negara bagian Tamil Nadu , Karnataka , Kerala , dan wilayah persatuan Lakshadweep , Puducherry , serta Kepulauan Andaman dan Nicobar . Konsulat memproses aplikasi untuk visa imigran dan non-imigran ke Amerika Serikat. Konsulat memberikan bantuan dan dukungan kepada warga AS dalam aspek-aspek seperti penggantian paspor, Consular Report of Birth Abroad (CRBA) , notaris, pendaftaran di sistem bangsal kedutaan, pembaruan paspor, dan sebagainya. Konsulat melapor melalui Kedutaan Besar Amerika Serikat di New Delhi. Kantor koordinasi tingkat negara untuk Program Pencegahan Penipuan berlokasi di konsulat Chennai. Konsulat Jenderal Chennai memiliki konsulat virtual di Bangalore , yang tidak memproses aplikasi visa.

Bagian konsuler di Konsulat Chennai telah diperluas delapan kali sejak 1988 dan dirancang untuk memproses 2.500 aplikasi visa setiap tahun. Pada 2004–2005, Konsulat Jenderal Chennai memproses sekitar 8.600 kasus visa imigran, mengeluarkan 5.300. Konsulat tidak lagi memproses visa imigran.

Sejak 1 Desember 2011, Konsulat Jenderal Chennai menjadi satu-satunya pusat di negara tersebut yang menerima dan memproses visa kategori L selimut yang dimaksudkan untuk manajer, eksekutif, atau profesional pengetahuan khusus yang ditransfer dalam perusahaan mereka. Sejak 1 Januari 2012, pusat tersebut berhenti memproses petisi visa imigran.

Konsulat Chennai adalah salah satu pos ajudikasi terbesar Amerika di dunia dan nomor satu secara global dalam memproses visa berbasis pekerjaan. Ini adalah peringkat di antara yang teratas secara global dalam mengeluarkan visa kategori ‘L’ dan ‘H’ untuk pekerja dan profesional dan berada di peringkat kedelapan secara global dalam hal semua kategori visa yang dikeluarkan, bersama dengan yang di Mumbai dan New Delhi yang akan datang. dalam 10 teratas secara global dalam volume visa.

Jumlah aplikasi visa yang diproses di Konsulat meningkat tiga kali lipat antara tahun 1998 dan 2008. Pada tahun 1998, hampir 79.000 orang mengajukan permohonan visa di Konsulat, yang meningkat menjadi 237.306 aplikasi pada tahun 2007. Konsulat Chennai mengeluarkan 142.565 visa non-imigran pada tahun 2010 — terbanyak di antara lima seksi konsuler Mission India, naik dari 7.500 aplikasi visa non-imigran pada tahun 1992. Konsulat melakukan rata-rata 1.200 hingga 1.400 wawancara setiap hari, yang telah naik menjadi 1.800 dalam sehari, dengan tingkat penolakan rata-rata 20 persen. Pada tahun 2017, Konsulat Jenderal memutuskan lebih dari 305.000 aplikasi visa.

Dengan lebih dari 300 karyawan, Konsulat Chennai memproses 900 aplikasi sehari di mana sekitar 500 hingga 600 adalah visa ‘B1’ dan ‘B2’ untuk tinggal sementara di Amerika Serikat. Lebih dari 20.000 orang mengunjungi Konsulat Chennai setiap bulan untuk mendapatkan layanan mulai dari kunjungan ke Perpustakaan Amerika hingga layanan visa.

Hingga tahun 2005, fraud prevention unit (FPU) dari Konsulat Jenderal Chennai adalah pangkalan bagi koordinator negara India untuk program pencegahan penipuan konsuler, posisi yang kemudian dipindahkan ke kedutaan di New Delhi. Buletin Penipuan India triwulanan Konsulat Jenderal Chennai telah ditinjau oleh Departemen Luar Negeri.

Kantor penghubung komunitas di Konsulat Jenderal Chennai menerbitkan buletin Chennai Masala.

Please follow and like us: